Gubernur NTB Apresiasi LIMOFF Sinergikan Industri Kreatif Unggulan NTB

Pemerintah Provinsi (PemProv) Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Dekranasda NTB yang berkolaborasi dengan Indonesian Fashion Chamber (IFC) akan menyelenggarakan kegiatan Lombok International Modest Fashion Festival (LIMOFF) pada tanggal 6 9 Juli 2023 bertempat di Merumatta Senggigi Hotel, Lombok, NTB. LIMOFF merupakan perhelatan fesyen skala internasional yang pertama kalinya digelar di NTB. Festival ini akan mengintegrasikan berbagai kegiatan, seperti peragaan busana, lokakarya, kompetisi, talkshow, pameran standar internasional, dan pemecahan rekor MURI untuk penenun terbanyak se Indonesia, yaitu berjumlah 2023 penenun di Sukarare.

Selama empat hari penyelenggaraan, LIMOFF 2023 akan menghadirkan 109 desainer dan jenama fesyen baik lokal, nasional, hingga internasional yang menampilkan ragam gaya modest fashion dengan mengeksplorasi wastra NTB. Selain fesyen, LIMOFF akan menjadi ajang promosi sektor industri kreatif unggulan lainnya di NTB, yaitu pariwisata, kerajinan tangan, kecantikan, dan kuliner halal. Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah, S.E., M.Sc. mendukung kegiatan LIMOFF sebagai wadah untuk mengembangkan industri fesyen dan kreatif lokal, mendorong pertumbuhan ekonomi lokal, dan mewujudkan NTB sebagai kiblat fesyen muslim nasional.

LIMOFF yang mengangkat tema “Making Lombok Sumbawa as Gateway to Global Market” merupakan salah satu program yang digiatkan pada masa jabatan Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah, S.E., M.Sc. NTB memiliki potensi wastra berupa tenun yang luar biasa. Hampir seluruh daerah di NTB mempunyai kekhasan sentra sentra tenun yang berbeda satu sama lain, dan semua berbasis masyarakat, dikerjakan oleh kaum perempuan, dan diwariskan secara turun menurun oleh leluhurnya. Profil A Hanan, Pj Wali Kota Lhokseumawe yang Menggantikan Imran Serambinews.com

Perusahaan Uber di Arab Saudi Lebih Banyak Merekrut Pengemudi Wanita Serambinews.com Fakta Wanita Arab Saudi Jarang Diajarkan Memasak dan Beres Rumah, Ini Alasannya Fenomena Wanita Arab Saudi Tak Pakai Mukena saat Sholat di Masjid Nabawi, Ini Penyebanya

Ciri Ciri Orang Terkena Sihir Diungkap Ustadz Khalid Basalamah, Sering Mimpi Lihat Hewan Ini Serambinews.com Warga Ukraina Siap %27Angkat Kaki%27 dan Ganti Kewarganegaraan Daripada Berperang Melawan Rusia “Melihat potensi tersebut, NTB sebagai salah satu daerah di bagian timur Indonesia ingin ikut berpartisipasi dalam mewujudkan target pemerintah RI yaitu menjadikan Indonesia sebagai pusat modest fashion di dunia dengan menyelenggarakan LIMOFF sebagai festival modest fashion skala internasional.

Kami berharap Lombok dan Sumbawa tak hanya menjadi destinasi wisata dan olahraga tingkat internasional saja, tetapi juga menjadi destinasi belanja produk modest fashion dan turunannya yang berkualitas,” jelas Niken Zulkieflimansyah, Ketua Dekranasda NTB, Founder LIMOFF. LIMOFF hadir sebagai showcase untuk mempromosikan dan merayakan kekayaan budaya NTB melalui potensi karya para kreator sektor fesyen meliputi jenama fesyen dan pengrajin tekstil di NTB ke skala internasional. “Guna mewujudkan Indonesia sebagai pusat tren dan belanja fesyen muslim dunia, maka setiap daerah di Indonesia harus memiliki event fesyen standar internasional.

Event ini sebagai panggung untuk memperkenalkan wastra unggulan dari daerah tersebut ke pasar dunia melalui produk fesyen muslim dengan wastra yang menjadi identitas Indonesia. Seperti halnya event LIMOFF di NTB yang mensinergikan berbagai stakeholder untuk menjadikan event ini sebagai salah satu acuan tren dan pusat belanja modest fashion dunia,” papar Ali Charisma, National Chairman Indonesian Fashion Chamber. LIMOFF ditargetkan dapat melahirkan 20 brand lokal di NTB pada tahun 2023 dan semakin meningkatkan kualitas dan kuantitasnya dari tahun ke tahun. Diharapkan pula industri kecil menengah (IKM) sektor fesyen di NTB tidak hanya menjual kain tenun, tetapi juga ready to wear sehingga geliat industri fesyen menjadi sektor industri baru di NTB.

Lebih lanjut, LIMOFF diproyeksi dapat menumbuhkan pelaku pelaku industri kreatif baru di NTB, di antaranya industri benang, pewarna alam, perhiasan, dan lainnya. LIMOFF dicanangkan sebagai event tahunan kerjasama dengan Bank Indonesia untuk Road to IN2MOTIONFEST. “Bank Indonesia sangat mendukung LIMOFF sebagai salah satu event strategis yang di dalamnya menyampaikan diplomasi ekonomi ke dimensi global dari NTB. Kami melihat sektor fesyen menjadi salah satu tiang dari perkembangan halal lifestyle ke depan.

Dengan jumlah populasi muslim yang sedemikian besarnya, kita harus menjadi subyek pelaku ekonomi. Keberadaan LIMOFF ini kami melihat sinergi dan kolaborasi yang luar biasa yang bisa kita lakukan untuk bersama sama mengangkat diplomasi tenun NTB di tingkat global nantinya,” ujar Heru Saptaji, Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Nusa Tenggara Barat. Perhelatan ini mendapatkan dukungan dari sejumlah Kementerian RI, Bank NTB Syariah, Merumatta Sengigi Hotel sebagai Official Venue, Viva Cosmetics sebagai Official Makeup, serta para stakeholder terkait lainnya, termasuk asosiasi fesyen Indonesia dan internasional, akademisi fesyen, serta komunitas fesyen dan wastra. Dalam Konferensi Pers dan Bincang bincang Kick Off LIMOFF 2023 yang dibuka oleh Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah, S.E., M.Sc. ini turut menghadirkan narasumber Niken Zulkieflimansyah, Ketua Dekranasda NTB; Ali Charisma, National Chairman Indonesian Fashion Chamber; Heru Saptaji, Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia NTB; Nuryanti, Kepala Dinas Perindustrian NTB; Jamaludin, Kepala Dinas Pariwisata & Ekonomi Kreatif NTB; Direktur Utama Bank NTB Syariah, diwakilkan oleh H Muh Usman; Yusuf Wiharto, Direktur PT Moga Djaja (Viva Cosmetic) selaku Direktur Pembiayaan, dan General Manager MerumattaHotel diwakilkan oleh Abdul Azis, Sales&Marketing.

Informasi dan perkembangan acara LIMOFF 2023 dapat diikuti melalui akun media sosial: Instagram @limoff_ntb, TikTok @limoffntb dan YouTube @limoffntb Artikel ini merupakan bagian dari

KG Media. Ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *