Kementerian ESDM Bagi-bagi Rice Cooker Gratis, Ini Daftar Penerimanya

Pemerintah melalui Kementeri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) berencana membagikan alat masak berbasis listrik (AML) gratis kepada masyarakat. Rencana tersebut digagas pemerintah setelah merilis Peraturan Menteri (Permen) ESDM Nomor 11 Tahun 2023 tentang Penyediaan Alat Memasak Berbasis Listrik bagi Rumah Tangga. Akan tetapi, dalam Permen ini tidak disebutkan secara spesifik terkait penyediaan rice cooker.

Namun, secara garis besar, AML memiliki makna yang sama seperti rice cooker karena berfungsi untuk menanak nasi, menghangatkan makanan, dan mengukus makanan. Lebih lanjut untuk pendanaan distribusi AML gratis berasal dari anggaran Kementerian ESDM. Hal tersebut dijelaskan dalam pasal Permen ESDM Nomor 11 Tahun 2023, pasal 16 yang berisi "Pendanaan kegiatan Penyediaan AML bersumber dari anggaran pendapatan dan belanja negara Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral."

Adapun kebijakan ini dirilis untuk mempercepat penggunaan akses energi bersih yang terjangkau, andal, dan berkelanjutan. Tak hanya itu strategi baru ini juga digagas untuk mengurangi impor liquefied petroleum gas (LPG) yang digunakan untuk memasak, dan meningkatkan konsumsi listrik per kapita. Hasil Survei Pilpres 2024 Terbaru Desember 2023 dan Elektabilitas Capres Cawapres 2024 Hari Ini Halaman 4

Ridwan Kamil Tak Kuasa Tahan Tangis Pamit Dari Jawa Barat, Titip ASN Jaga Kemuliaan Gedung Sate Purnatugas Bulan Depan, Ridwan Kamil Yakin Pj Gubernur Jawa Barat Tak Akan Kesusahan DEAR Prabowo: Dapat Dukungan Penuh dari Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Berikut Alasannya

Ibu Kos Sudah Beri Peringatan, Aktor Sinetron TOP Bersyukur Nikita Mirzani Datang: Nggak Menyangka Halaman 4 LINK STREAMING Pelantikan Penjabat Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin, Ridwan Kamil Resmi Lengser Kementerian ESDM Bagi bagi Rice Cooker Gratis, Ini Daftar Penerimanya

Warga Ukraina Siap %27Angkat Kaki%27 dan Ganti Kewarganegaraan Daripada Berperang Melawan Rusia Seperti yang diberitakan sebelumnya, program ini sebelumnya telah lama direncanakan Kementerian ESDM dengan membagikan bantuan rice cooker gratis bagi keluarga penerima manfaat (KPM) sebanyak 680 ribu unit. Namun, baru bisa direalisasikan tahun ini. Seperti yang dijelaskan dalam Permen ESDM Nomor 11 Tahun 2023 Pasal 12, pemberian AML ini hanya diberikan satu kali untuk setiap penerima.

Calon penerima juga diharuskan untuk memenuhi beberapa persyaratan yang tercantum dalam Pasal 3 Ayat 1. Yakni calon penerima AML merupakan rumah tangga dengan kriteria (a) pelanggan PT PLN (Persero) atau PT PLN Batam. Sementara untuk kriteria lanjutan (b) merupakan rumah tangga yang tidak memiliki AML.

1. Golongan tarif untuk keperluan rumah tangga kecil pada tegangan rendah dengan daya 450 (empat ratus lima puluh) volt ampere (R l/TR) 2. Golongan tarif untuk keperluan rumah tangga kecil pada tegangan rendah dengan daya 900 (sembilan ratus) volt ampere dan 900 (sembilan ratus) volt ampere RTM (R l/TR), atau 3. Golongan tarif untuk keperluan rumah tangga kecil pada tegangan rendah dengan daya 1.300 (seribu tiga ratus) volt ampere (R l/TR), yang berdomisili di daerah yang tersedia jaringan tenaga listrik tegangan rendah yang memperoleh pasokan listrik selama 24 (dua puluh empat) jam per hari.

Untuk saat ini Kementerian ESDM belum mengungkap lebih lanjut terkait kapan paket AML atau rice cooker gratis dibagikan ke masyarakat. Namun, kemungkinan besar pendistribusian alat masak gratis dari Kementerian ESDM memiliki kapasitas pengenal 1,8 liter sampai dengan 2,2 liter. Pendistribusian juga dilengkapi dengan stiker bertuliskan "Hibah Kementerian ESDM dan Tidak untuk Diperjualbelikan".

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *